Langsung ke konten utama

Laptop sebagai Produk Teknologi Informasi

Ada banyak produk teknologi informasi yang beredar di masyarakat, namun kali ini saya hanya membahas salah satunya, yaitu Laptop. 

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Smartphone and Dump People

Dewasa ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari, sangat tidak bisa dihindari. Itu karena kita membutuhkannya, dan lingkungan menuntut kita untuk mengikuti perkembangannya.  Ini sebuah hal positif dan baik tentunya, mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan segala yang ada dengan teknologi.  Hal yang sangat tidak mungkin jika kita hidup dalam satu hari tanpa teknologi apapun, itu sebabnya teknologi terus dikembangkan untuk membantu setiap perkerjaan manusia atau bahkan menggantikan posisi manusia. Itu semua mungkin beberapa atau sebagian kecil dari sisi possitif sebuah teknologi yang semakin canggih ini, namun sadarkah anda bahwa sisi negatifnya jauh lebih bahaya ? jika kita membicaran teknologi apa hal pertama yang terbesit dalam benak anda, internet ? smartphone ? ya, itu semua adalah bagian dari kemajuan teknologi yang menemani hari-hari kita sekarang ini. Smartphone dan internet merupakan kombinasi yang sangat sempurna dalam dunia teknologi, karena kita dapat melak

Penyebab Pertumbuhan Informasi Berkembang Begitu Pesat

Dewasa ini seluruh lapisan masyarakat tentunya membutuhkan informasi, namun terkadang kebutuhan tersebut terhalangi oleh jarak ddan waktu. Contohnya, seseorang yang berada di pedesaan tentunya mendapatkan informasi, namun informasi yang didapat belum tentu sama dengan informasi yang didapat seseorang di perkotaan. Hal itu karena orang di perkotaan bisa mendapatkan sumber informasi dari berbagai media cetak, elektronik dan internet. Biasanya seseorang yang berada di pedesaan mengalami kesulitan dalam mendapat informasi dari media elektronik dan internet. Hal itu karena masyarakat di pedesaan sulit untuk menangkap gelombang elektronik atau sinyal.

Cara Mengatasi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi

Semakin majunya Teknologi Informasi, semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif, tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif, yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet. Dan kali ini saya hanya membahas dampak  negatif dari perkembangan teknologi informasi di internet. Dunia maya adalah dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar ke belahan dunia lain, mencari tugas ataupun mencari hal baru yang belum pernah kita ketahui. Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Namun iinternet memilikki sisi negatif. Berikut ini adalah cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi negatif tersebut ? Berinternetlah dengan Sehat, maksudnya adalah berinternet sesuai dengan kebutuhan. Bermain Internet (Komputer atau yan