Langsung ke konten utama

Monitor

Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. 

Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Jenis-jenis monitor
1. Monitor Tabung sinar kathoda
2. Monitor plasma
3. Monitor LCD
4. Monitor OLED /LED

1. Monitor Tabung sinar Kathoda

Tabung sinar katoda (bahasa Inggris: cathode ray tube atau CRT), ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop. CRT dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai dalam seluruh pesawat televisi sampai akhir abad 20, dan merupakan dasar perkembangan dari layar plasma, LCD dan bentuk teknologi TV lainnya. Tabung sinar katoda pada pesawat televisi 14 inch Versi paling awal CRT adalah sebuah dioda katoda-dingin, sebuah modifikasi dari tabung Crookes (lihat sinar-X) dengan layar dilapisi fosfor, kadangkala dipanggil tabung Braun. Versi pertama yang menggunakan kathoda panas dikembangkan oleh J.B. Johnson (yang merupakan asal istilah noise Johnson) dan H.W. Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada 1922.

Sinar katoda adalah aliran elektron kecepatan tinggi yang dipancarkan dari katoda yang dipanaskan dari sebuah tabung vakum. Dalam tabung sinar katoda, elektron-elektron secara hati-hati diarahkan menjadi pancaran, dan pancaran ini di"defleksi" oleh medan magnetik untuk men"scan" permukaan di ujung pandan (anode), yang sebaris dengan bahan berfosfor (biasanya berdasar atas logam transisi atau rare earth. Ketika elektron menyentuh material pada layar ini, maka elektron akan menyebabkan timbulnya cahaya.

Secara teori, CRT dan LCD memiliki perbedaan di mana CRT menggunakan elektron yang ditembakkan ke layar sehingga mewarnai menjadi suatu gambar. LCD memiliki cahaya di belakang yang konstan di mana intensitas kecerahan menjadi berbeda karena adanya penutupan/penghalangan dari molekul untuk sinar yang melewati panel.

2. Monitor plasma

Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.

3. Monitor LCD

LCD(Inggris: Liquid Crystal Display)/Tampilan kristal cair juga dikenal adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di fberbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer. Kini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer desktop maupun notebook karena membutuhkan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan memiliki resolusi tinggi.

Pada LCD berwarna semacam monitor, terdapat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.

Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

4. Monitor OLED

Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau dioda cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.

PERBEDAAN LED DAN LCD
Fakta LED :
- Kualitas warna gambar seni
- Menghemat energy 40 persen dibandingkan televisi LCD dengan ukuran yang sama
- Bebas merkuri dan desain yang sangat tipis
- Harga TV LED sekitar 20 hingga 30 persen lebih mahal
- Tebal televise LED sekitar sepertiga tebal LCD dengan ukuran yang sama
- Sedangkan bobotnya biasanya separuh dari LCD

Fakta LCD :
-Kualitas gambar bagus, tapi image bisa tampak ‘terbakar’ di display
-Harga antara $150-200 per tahun untuk pengoperasian sebuah LCD
-Mercury digunakan dalam proses manufaktur
-Harga lebih murah dibandingkan LED


---
Sumber:
  • http://kirtam.blogspot.com/2011/05/jenis-jenis-monitor-komputer.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Pertumbuhan Informasi Berkembang Begitu Pesat

Dewasa ini seluruh lapisan masyarakat tentunya membutuhkan informasi, namun terkadang kebutuhan tersebut terhalangi oleh jarak ddan waktu. Contohnya, seseorang yang berada di pedesaan tentunya mendapatkan informasi, namun informasi yang didapat belum tentu sama dengan informasi yang didapat seseorang di perkotaan. Hal itu karena orang di perkotaan bisa mendapatkan sumber informasi dari berbagai media cetak, elektronik dan internet. Biasanya seseorang yang berada di pedesaan mengalami kesulitan dalam mendapat informasi dari media elektronik dan internet. Hal itu karena masyarakat di pedesaan sulit untuk menangkap gelombang elektronik atau sinyal.

Cara Mengatasi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi

Semakin majunya Teknologi Informasi, semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif, tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif, yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet. Dan kali ini saya hanya membahas dampak  negatif dari perkembangan teknologi informasi di internet. Dunia maya adalah dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar ke belahan dunia lain, mencari tugas ataupun mencari hal baru yang belum pernah kita ketahui. Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Namun iinternet memilikki sisi negatif. Berikut ini adalah cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi negatif tersebut ? Berinternetlah dengan Sehat, maksudnya adalah berinternet sesuai dengan kebutuhan. Bermain Internet (Komputer atau yan

Smartphone and Dump People

Dewasa ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari, sangat tidak bisa dihindari. Itu karena kita membutuhkannya, dan lingkungan menuntut kita untuk mengikuti perkembangannya.  Ini sebuah hal positif dan baik tentunya, mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan segala yang ada dengan teknologi.  Hal yang sangat tidak mungkin jika kita hidup dalam satu hari tanpa teknologi apapun, itu sebabnya teknologi terus dikembangkan untuk membantu setiap perkerjaan manusia atau bahkan menggantikan posisi manusia. Itu semua mungkin beberapa atau sebagian kecil dari sisi possitif sebuah teknologi yang semakin canggih ini, namun sadarkah anda bahwa sisi negatifnya jauh lebih bahaya ? jika kita membicaran teknologi apa hal pertama yang terbesit dalam benak anda, internet ? smartphone ? ya, itu semua adalah bagian dari kemajuan teknologi yang menemani hari-hari kita sekarang ini. Smartphone dan internet merupakan kombinasi yang sangat sempurna dalam dunia teknologi, karena kita dapat melak