Langsung ke konten utama

Hard Disk

Bagi anda pecinta IT tentu sudah tidak asing lagi dengan benda yang benama Hard Disk, namun tidak sedikit pula yang masih awam dengan benda ini. maka dari itu mari kita bahas...

Hard Disk adalah perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.Data yang disimpan di hard disk tidak akan hilang bila tidak diberi tegangan listrik. dalam hard disk biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. nemun tahukah anda bagaimana cara kerja dari hard disk itu sendiri ? Jika jawabannya adalah tidak mari kita simak:

  • Pada saat berhenti head berada diatas piringan harddisk
  • Pada saat diaktifkan piringan harddisk berputar di spindel. Perputaran yang standar ialah 5200rpm-10000rpm,sedangkan yang khusus 7200-1500rpm.
  • Pada saaat berputar sangat cepat head mengembang pada piringan harddisk sedangkan head bergerak ke kiri ke kanan
  • Pada saat mengembang itu baru head melakukan pembacaan dan menulis
  • Motor spindel berputar berlawanan dengan arah jarum jam
  • Karna perputaran sangat cepat akan mengakibatkan gaya permukaan sehingga head mengambang pada pletter
  • Pada saat komputer/ harddisk dimatikan membuat head berhenti pada tempat tertentu,disebut landing zone

Masih kurang gak infonya ? kalau masih mending kita cek jenis-jenis dari hard disk itu sendiri. tapi maaf ya kalau gak lengkap. 

ATA / EIDE adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus, Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer). Keuntungan drive EIDE / ATA yang signifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa. Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.

Disk SCSI, Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data.

SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi Serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.

SAS adalah pembaruan dari teknologi antarmuka SCSI yang digunakan untuk penghubung antara papan induk dan periferal penyimpanan data seperti cakram keras. SAS mendayagunakan komunikasi serial sebagai pengganti metode komunikasi paralel yang digunakan sebelumnya pada SCSI. Pada umumnya SAS digunakan dalam perangkat komputer server karena memiliki lebar pita yang besar dan periferal yang terhubung memiliki kehandalan yang tinggi. 1 Sebagai pengembangan dari SCSI, SAS tetap mendukung set perintah yang sama dengan SCSI. SAS sendiri bukanlah teknologi baru ataupun konsep baru. Disk-disk dengan antarmuka SAS untuk segmen enterprise sudah dipasarkan sejak 2004, awalnya sebagai pengganti drive SCSI (Small Computer System Interface) yang lebih lambat. Sejak ketersediaan SAS dengan kecepatan 3Gbps dan 6Gbps, kinerjanya menyamai disk berbasis FC.

---
Sumber:
  • http://inovly.blogspot.com/2011/10/pengertian-harddisk.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Pertumbuhan Informasi Berkembang Begitu Pesat

Dewasa ini seluruh lapisan masyarakat tentunya membutuhkan informasi, namun terkadang kebutuhan tersebut terhalangi oleh jarak ddan waktu. Contohnya, seseorang yang berada di pedesaan tentunya mendapatkan informasi, namun informasi yang didapat belum tentu sama dengan informasi yang didapat seseorang di perkotaan. Hal itu karena orang di perkotaan bisa mendapatkan sumber informasi dari berbagai media cetak, elektronik dan internet. Biasanya seseorang yang berada di pedesaan mengalami kesulitan dalam mendapat informasi dari media elektronik dan internet. Hal itu karena masyarakat di pedesaan sulit untuk menangkap gelombang elektronik atau sinyal.

Cara Mengatasi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi

Semakin majunya Teknologi Informasi, semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif, tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif, yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet. Dan kali ini saya hanya membahas dampak  negatif dari perkembangan teknologi informasi di internet. Dunia maya adalah dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar ke belahan dunia lain, mencari tugas ataupun mencari hal baru yang belum pernah kita ketahui. Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Namun iinternet memilikki sisi negatif. Berikut ini adalah cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi negatif tersebut ? Berinternetlah dengan Sehat, maksudnya adalah berinternet sesuai dengan kebutuhan. Bermain Internet (Komputer atau yan

Smartphone and Dump People

Dewasa ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari, sangat tidak bisa dihindari. Itu karena kita membutuhkannya, dan lingkungan menuntut kita untuk mengikuti perkembangannya.  Ini sebuah hal positif dan baik tentunya, mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan segala yang ada dengan teknologi.  Hal yang sangat tidak mungkin jika kita hidup dalam satu hari tanpa teknologi apapun, itu sebabnya teknologi terus dikembangkan untuk membantu setiap perkerjaan manusia atau bahkan menggantikan posisi manusia. Itu semua mungkin beberapa atau sebagian kecil dari sisi possitif sebuah teknologi yang semakin canggih ini, namun sadarkah anda bahwa sisi negatifnya jauh lebih bahaya ? jika kita membicaran teknologi apa hal pertama yang terbesit dalam benak anda, internet ? smartphone ? ya, itu semua adalah bagian dari kemajuan teknologi yang menemani hari-hari kita sekarang ini. Smartphone dan internet merupakan kombinasi yang sangat sempurna dalam dunia teknologi, karena kita dapat melak