Langsung ke konten utama

Sadarkah Kita ??

Sadarkah kita akan pergeseran norma yang sedang atau bahkan sudah terjadi dilingkungan kita ? mungkin banyak sekali dari kita, khususnya kaula muda yang tidak menyadari akan adanya pergeseran norma yang terjadi di Indonesia. Saya sering menjumpai seorang paruh baya yang mengeluh karena terjadinya pergeseran norma, menurutnya ini akan semakin parah setiap harinya jika tidak ada perbaikan terhadap norma itu sendiri.
Norma adalah sebuah ukuran, ukuran dimana sesuatu dianggap layak atau tidak layak. Ukuran sesuatu dianggap sopan atau tidak sopan, dan sebagainya. Norma merupakan suatu pandangan yang terdapat dimasyarakat. Hal yang paling saya tidak habis fikir adalah ketika seseorang mengikuti suatu norma yang berlaku dimasyarakat kemudian ia dianggap ketinggalan zaman atau kuno. Ini lah yang menjadi awal atau alasan dari pergeseran norma, yaitu kaula muda selalu menganggap sesuatu yang berlaku dimasa lalu jangan disamakan dengan masa kini.

Keadaan ini semakin diperparah dengan orang tua yang kadang tidak peduli dengan hal ini, atau bahkan tanpa sadar memberi contoh yang tidak baik kepada kaum muda. Indonesia memiliki 33 provinsi, 17.508 pulau dan 238 juta penduduk dan bukan tidak mungkin jika semua itu akan mengalami pergeseran norma.
Contoh yang saya ambil dari kalangan petinggi negara yang mungkin terjadi adalah mereka menganggap penggelapan uang (korupsi) menjadi hal yang sudah biasa, hal yang lumrah, sudah menjadi rahasia umum bagi mereka. Padahal itu bukan merupakan hal yang wajar, bahkan sangat tidak wajar dan seharusnya mereka yang ada disekitar yang mengetahui hal tersebut harus mencegah atau bahkan melaporkannya ke pihak berwajib. Namun itu jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan, itu karena mereka menganggap hal tersebut sudah biasa terjadi.
Apakah kita akan tinggal diam, hanya bisa melihat dan menikmati keadaan yang semakin memburuk kemudian mengharapkan sebuah keajaiban datang untuk memperbaiki itu semua ? keajaiban tidak datang dengan sendirinya bung, butuh usaha perjuangan. Hal kecil yang membuktikan bahwa kita ikut membantu mencegah pergeseran norma adalah dimulai dari diri sendiri. Jadilah individu yang berguna bagi sesama dan mematuhi norma-norma yang ada dimasyarakat. Dengan begitu moral bagi generasi muda akan lebih baik, namun akan sebaliknya jika kita terus membiarkannya. Bagi anda yang sudah menjadii seorang ayah dan ibu, bimbinglah anak anda dengan benar. Beri dia pujian dan hadiah jika dia berhak, dan jangan segan untuk menghukumnya bila ia memang melakukan salah. Ini bukan soal cara mendidik seorang anak, tapi ini soal moral, norma dan tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa ini. 
(silahkan bila ada yang ingin menambahkan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Pertumbuhan Informasi Berkembang Begitu Pesat

Dewasa ini seluruh lapisan masyarakat tentunya membutuhkan informasi, namun terkadang kebutuhan tersebut terhalangi oleh jarak ddan waktu. Contohnya, seseorang yang berada di pedesaan tentunya mendapatkan informasi, namun informasi yang didapat belum tentu sama dengan informasi yang didapat seseorang di perkotaan. Hal itu karena orang di perkotaan bisa mendapatkan sumber informasi dari berbagai media cetak, elektronik dan internet. Biasanya seseorang yang berada di pedesaan mengalami kesulitan dalam mendapat informasi dari media elektronik dan internet. Hal itu karena masyarakat di pedesaan sulit untuk menangkap gelombang elektronik atau sinyal.

Cara Mengatasi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi

Semakin majunya Teknologi Informasi, semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif, tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif, yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet. Dan kali ini saya hanya membahas dampak  negatif dari perkembangan teknologi informasi di internet. Dunia maya adalah dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar ke belahan dunia lain, mencari tugas ataupun mencari hal baru yang belum pernah kita ketahui. Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Namun iinternet memilikki sisi negatif. Berikut ini adalah cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi negatif tersebut ? Berinternetlah dengan Sehat, maksudnya adalah berinternet sesuai dengan kebutuhan. Bermain Internet (Komputer atau yan

Smartphone and Dump People

Dewasa ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari, sangat tidak bisa dihindari. Itu karena kita membutuhkannya, dan lingkungan menuntut kita untuk mengikuti perkembangannya.  Ini sebuah hal positif dan baik tentunya, mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan segala yang ada dengan teknologi.  Hal yang sangat tidak mungkin jika kita hidup dalam satu hari tanpa teknologi apapun, itu sebabnya teknologi terus dikembangkan untuk membantu setiap perkerjaan manusia atau bahkan menggantikan posisi manusia. Itu semua mungkin beberapa atau sebagian kecil dari sisi possitif sebuah teknologi yang semakin canggih ini, namun sadarkah anda bahwa sisi negatifnya jauh lebih bahaya ? jika kita membicaran teknologi apa hal pertama yang terbesit dalam benak anda, internet ? smartphone ? ya, itu semua adalah bagian dari kemajuan teknologi yang menemani hari-hari kita sekarang ini. Smartphone dan internet merupakan kombinasi yang sangat sempurna dalam dunia teknologi, karena kita dapat melak