Langsung ke konten utama

Smartphone and Dump People

Dewasa ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari, sangat tidak bisa dihindari. Itu karena kita membutuhkannya, dan lingkungan menuntut kita untuk mengikuti perkembangannya. Ini sebuah hal positif dan baik tentunya, mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan segala yang ada dengan teknologi. 

Hal yang sangat tidak mungkin jika kita hidup dalam satu hari tanpa teknologi apapun, itu sebabnya teknologi terus dikembangkan untuk membantu setiap perkerjaan manusia atau bahkan menggantikan posisi manusia. Itu semua mungkin beberapa atau sebagian kecil dari sisi possitif sebuah teknologi yang semakin canggih ini, namun sadarkah anda bahwa sisi negatifnya jauh lebih bahaya ? jika kita membicaran teknologi apa hal pertama yang terbesit dalam benak anda, internet ? smartphone ? ya, itu semua adalah bagian dari kemajuan teknologi yang menemani hari-hari kita sekarang ini.

Smartphone dan internet merupakan kombinasi yang sangat sempurna dalam dunia teknologi, karena kita dapat melakukan banyak hal hanya menggunakan satu benda. Lagi, itu adalah sisi possitif dari kemajuan teknologi yang saya beberkan pada artikel ini.

Hal yang lumrah dilakukan dengan gabungan antara smartphone dan internet adalah membuka media sosial, “sosial”. Inilah salah satu akar dari timbulnya sisi negatif smartphone dan internet  atau kemajuan dari teknologi. “Aku takut pada hari dimana teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot”, Albert Einstein. Saya sangat membenarkan terhadap kutipan diatas, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa internet akan sangat mudah menghancurkan manusia terutama generasi muda atau mereka yang belum mengerti manfaat sesungguhnya dari sebuah teknologi khususnya internet. 

Banyak hal bahagia dan menyenangkan yang bisa anda lakukan dengan keluarga, kekasih, teman, sahabat atau bahkan orang baru yang belum anda kenal untuk menjalin hubungan pertemanan baru dengannya. Hal itu bisa apa saja, berbagi cerita, bertukar ilmu pengerahuan, jalan-jalan dan masih banyak lagi. Namun kebanyakan dari kita lebih senang melakukan hal tersebut didunia maya, ironi bukan. Apakah berbagi atau melakukan hal didunia maya adalah suatu kenangan indah ? TIDAK kawan. Tentu saja itu sama sekali bukan kenangan atau pengalaman yang indah, meskipun hal tersebut bisa disimpan dan dilihat setiap saat namun tidak ada sensasi kebahagiaan yang dirasakan. 

Coba bandingkan dengan pengalaman yang kita lewati secara nyata kemudian kenangan tersebut kita ingat dan bayangkan betapa indahnya hal tersebut, tentu akan jauh lebih bermakna bukan ? ini hanya sebagian kecil dari sisi negatif yang nyata terjadi dikehidupan kita.

Mau sampai kapan anda tinggal didunia maya, sedangkan yang anda lalui adalah hidup di dunia nyata. Sadarlah kawan, hidup ini nyata dan sangat indah untuk dilalui, bahkan terlalu singkat jika kita hanya bermain di dunia maya.


Berhenti membaca artikel ini dan jalani hidup anda didunia nyata, sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi

Semakin majunya Teknologi Informasi, semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif, tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif, yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet. Dan kali ini saya hanya membahas dampak  negatif dari perkembangan teknologi informasi di internet.
Dunia maya adalah dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar ke belahan dunia lain, mencari tugas ataupun mencari hal baru yang belum pernah kita ketahui.
Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Namun iinternet memilikki sisi negatif. Berikut ini adalah cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi negatif tersebut ? Berinternetlah dengan Sehat, maksudnya adalah berinternet sesuai dengan kebutuhan.Bermain Internet (Komputer atau yang berhubungan den…

Laptop sebagai Produk Teknologi Informasi

Ada banyak produk teknologi informasi yang beredar di masyarakat, namun kali ini saya hanya membahas salah satunya, yaitu Laptop. 
Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.
Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untu…