Langsung ke konten utama

Printer

Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar / grafik, di atas kertas

Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat printer sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas. Perbedaan tinta bubuk dan tinta ialah perbedaan sistem; tinta bubuk atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau sembur tinta tak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada hulu printer (print-head) tersebut. mencetak di atas kertas, kain, kaca, film putih, ebonit, dll. Ada pula kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah printer ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini tipis dan lentur, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer.

Printer modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah printer sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Printer mempunyai enam jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

1.    Printer Jenis  InkJet 
Printer jenis ini menggunakan tinta untuk mencetak dengan kualitas hasil cetakannya rata-rata cukup bagus tergantung merek dan tipe printer. Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca . Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, tidak cepat memudar apabila terkena matahari, waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye. 

 
2.    Printer Jenis Laser Jet
Printer laser adalah printer dengan bahan baku tinta berupa serbuk atau toner. Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi  sehingga menjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet.


Satu kekurangan Printer Laser adalah harganya yang reltif lebih mahal bila dibandingkan dengan printer inkjet sehingga printer Laser umumnya hanya dipakai oleh instansi atau perkantoran saja.

3.    Printer Jenis Dot Matrik
Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah hal ini disebabkan karena print head printer jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun (sekitar 9-24 pin), nantinya jarum-jarum ini akan “memukul” pita (printer ribbon) sehingga membentuk sebuah karakter pada kertas. Printer jenis dot matrik memiliki kelebihan dari segi harga pita printer yang murah, awet digunakan terbukti dari beberapa printer dot matrik yang pernah saya temui sudah berumur diatas 8 tahun dan printer jenis ini bisa digunakan untuk mencetak kertas rangkap atau continuous form.



Disamping kelebihan diatas Printer jenis dot matrik mempunyai kekurangan dalam hal kualitas cetakan yang tidak sebagus printer inkjet dan laserjet, printer jenis ini hanya cocok untuk mencetak dokumen berupa tulisan saja dan umumnya printer dot matrik hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam.


---
Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Pertumbuhan Informasi Berkembang Begitu Pesat

Dewasa ini seluruh lapisan masyarakat tentunya membutuhkan informasi, namun terkadang kebutuhan tersebut terhalangi oleh jarak ddan waktu. Contohnya, seseorang yang berada di pedesaan tentunya mendapatkan informasi, namun informasi yang didapat belum tentu sama dengan informasi yang didapat seseorang di perkotaan. Hal itu karena orang di perkotaan bisa mendapatkan sumber informasi dari berbagai media cetak, elektronik dan internet. Biasanya seseorang yang berada di pedesaan mengalami kesulitan dalam mendapat informasi dari media elektronik dan internet. Hal itu karena masyarakat di pedesaan sulit untuk menangkap gelombang elektronik atau sinyal.

Cara Mengatasi Dampak Negatif dalam Teknologi Informasi

Semakin majunya Teknologi Informasi, semakin banyak juga dampak negatif yang dibuat olehnya terhadap kehidupan manusia. Meskipun Teknologi Informasi mempunyai sisi yang positif, tetap saja ia juga mempunyai sisi negatif, yang dimana sisi negatif ini harus kita singkirkan. Contohnya kita lihat dunia maya atau biasa disebut dengan Internet. Dan kali ini saya hanya membahas dampak  negatif dari perkembangan teknologi informasi di internet. Dunia maya adalah dunia kedua setelah dunia nyata. Di dunia itu kita dapat berselancar ke belahan dunia lain, mencari tugas ataupun mencari hal baru yang belum pernah kita ketahui. Dari sini saja kita sudah dapat memahami bahwa Internet mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Namun iinternet memilikki sisi negatif. Berikut ini adalah cara untuk menghindari atau menanggulangi sisi negatif tersebut ? Berinternetlah dengan Sehat, maksudnya adalah berinternet sesuai dengan kebutuhan. Bermain Internet (Komputer atau yan

Smartphone and Dump People

Dewasa ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari, sangat tidak bisa dihindari. Itu karena kita membutuhkannya, dan lingkungan menuntut kita untuk mengikuti perkembangannya.  Ini sebuah hal positif dan baik tentunya, mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan segala yang ada dengan teknologi.  Hal yang sangat tidak mungkin jika kita hidup dalam satu hari tanpa teknologi apapun, itu sebabnya teknologi terus dikembangkan untuk membantu setiap perkerjaan manusia atau bahkan menggantikan posisi manusia. Itu semua mungkin beberapa atau sebagian kecil dari sisi possitif sebuah teknologi yang semakin canggih ini, namun sadarkah anda bahwa sisi negatifnya jauh lebih bahaya ? jika kita membicaran teknologi apa hal pertama yang terbesit dalam benak anda, internet ? smartphone ? ya, itu semua adalah bagian dari kemajuan teknologi yang menemani hari-hari kita sekarang ini. Smartphone dan internet merupakan kombinasi yang sangat sempurna dalam dunia teknologi, karena kita dapat melak